Senin, 03 Februari 2014

Tinggi Badan dengan Perenggangan

Tinggi badan yang ideal menjadi harapan bagi setiap orang. Bagaimana tidak, dengan tinggi yang semampai, kepercayaan diri dengan sendirinya akan terbangun sehingga akan memperluas pergaulan anda.
Nah jika usia anda saat ini masih dalam masa pertumbuhan, manfaatkan latihan-latihan yang dapat meningkatkan tinggi badan anda. Saat ini banyak latihan-latihan, atau alat-alat yang bisa digunakan untuk memperpanjang tulang dan membuat tubuh anda menjadi tinggi, misalnya dengan melakukan perenggangan.
Berikut ini merupakan salah satu latihan daftar perenggangan yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan karena memperkuat otot-otot serta pelepasan hormon pertumbuhan. Kegiatan perenggangan merupakan pemanasan yang paling baik untuk menambah tinggi badan.

1. Perenggangan Posisi Meja
Perenggangan posisi meja biasanya dilakukan dengan menarik anggota badan sehingga posisinya menyerupai seperti meja. Cara melakukannya pun terbilang mudah. Anda cukup duduk di lantai dan posisikan kaki lurus. Pertahankan agak posisi badan tetap lurus, lalu tempatkan telapak tangan di lantai, di samping bokong Anda. Kemudian tempelkan dagu ke arah dada. Selanjutnya angkat kepala dan dongakkan sejauh mungkin.
Angkatlah tubuh anda diikuti dengan mendongakkan kepala ke atas, pastikan lutut menekuk, dengan lengan yang tetap lurus. Tubuh dan bagian atas kaki lurus dan horizontal ke lantai, sedangkan lengan dan kaki bagian bawah dalam posisi tegak lurus ke lantai, sehingga tubuh Anda menyerupai meja. Ulanglah latihan ini 8-20 detik.


2. Peregangan Posisi Jembatan
Peregangan lain yang bisa dilakukan untuk peninggi badan adalah dengan memposisikan gerakan tertentu sehingga posisi badan seperti jembatan. Caranya adalah dengan berbaring di mana lutut ditekuk dan telapak kaki menapak mendatar di lantai, sedekat mungkin dengan bokong.

Lalu pegang pergelangan kedua kaki dengan masing-masing tangan, sementara itu naikkan pinggul dan lengkungkan tulang belakang. Dengan posisi ini maka wajah menghadap ke langit-langit. Usahakan mengangkat perut setinggi yang Anda bisa, dengan posisi tangan masih memegang pergelangan kaki.
Jika Anda tidak bisa memegang pergelangan kaki, jaga lengan tetap di samping dan gunakan untuk mendorong tubuh Anda ke atas. Ulangi latihan ini dengan rentang 3-10 detik. Mungkin awalnya latihan ini terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan terasa lebih ringan.

3. Super Stretch
Super stretch adalah peregangan yang lebih mudah ketimbang dua peregangan sebelumnya dan paling populer bisa menambah tinggi badan. Caranya adalah dengan berdiri dan mengangkat kedua tangan ke atas kepala. Satukan kedua telapak tangan dan tarik ke atas setinggi yang Anda mampu. Bisa dilakukan pula sampai kaki berjinjit.

Selain dilakukan sambil berdiri, latihan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring. Lakukan pengulangan dengan rentang 4-7 detik.

4. Basic Leg Stretch
Basic Leg Stretch bisa dilakukan dengan cara duduk dengan posisi  kedua kaki terpisah satu sama lain. Kemudian raihlah ujung kaki dengan tangan anda. Usahakan lutut anda tetap lurus kemudian cobalah raih ujung kaki lainnya.

Tetaplah menjaga agar tulang belakang anda senantiasa lurus dan  hanya bergerak dari pinggul. Ingat, jangan lengkungan tulang belakang bagian atas. Peregangan ini baik untuk tulang punggung dan kaki. Lakukan pengulangan dengan rentang 6-15 detik.

5. Cobra Stretch
Cobra Stretch dilakukan dengan cara tengkurap dan menarik keatas bagian dada anda. Gunakan kedua tangan anda untuk bertumpu di lantai dan menopang bagian depan tubuh Anda di lantai seperti pada gambar. Posisi Cobra Stretch sangat mirip dengan ular yang mengangkat kepalanya. Dengan latihan ini, otot-otot tubuh bagian atas lebih renggang dan tumbuh lebih panjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.bookie7.co